Program Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Pesisir (PEMP)

Rabu, 18 Februari 2009 11:49:30 - oleh : dwi

 Program Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Pesisir (PEMP)

Di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

Tahun 2008

 

 

Program Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Pesisir (PEMP) adalah program yang dilaksanakan oleh Pemerintah Republik Indonesia melalui Departemen Kelautan dan Perikanan (DKP). Penanggung jawab dan pembina program di tingkat nasional adalah Direktur Jenderal kelautan,pesisir dan pulau-pulau kecil (Dirjen KP3K),Sedangkan Dinas kelautan dan perikanan kabupaten/Propinsi sebagi penanggung jawab operasional program. Kegiatan PEMP diinisasi untuk mengatasi berbagai permasalahan akibat krisis ekonomi, kenaikan BBM, kesenjangan, kemiskinan, dan rendahnya kapasitas sumberdaya manusia (masyarakat) pesisir serta upaya mengoptimalkan pemanfaatan potensi sumberdaya kelautan dan perikanan.

Tujuan Program PEMP:

  1. Tujuan Umum: meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir melalui pengembangan kultur kewirausahaan,penguatan kelembagaan,penggalangan partisipasi masyarakat dalam kegiatan pemberdayaan dan diversifikasi usaha yang berkelanjutan dan berbasis sumberdaya lokal.
  2. Tujuan Khusus: Pada Tahun 2008 program PEMP diharapkan mampu menjangkau 293 kabupaten/kota berpesisir dengan fokus pemberian Bantuan Sosial Mikro (BSM),SPDN dan kedai pesisir yang diberikan kepada masyarakat pesisir sesuai dengan mekanisme yang ditetapka

Sasaran Program PEMP :

Sasaran program PEMP adalah pelaku usaha perikanan tangkap skala mikro,pelaku usaha perikanan budidaya skala mikro,pelaku usaha pengolahan dan pemasaran skala mikro, dan pelaku usaha industri dan jasa maritim skala mikro,dengan prioritas pemuda,perempuan pesisir,jenis usaha yang tidak merusak lingkungan dan tergolong miskin.

 

Program PEMP dirancang untuk 3 periode:
Periode Pertama :  
Tahun 2001-2003
Merupakan Periode Inisiasi:
- Penggalangan dan penyadaran masyarakat
- Perintisan kelembagaan dengan mendirikan Lembaga Ekonomi 
  Pengembangan Pesisir Mikro Mitra Mina (LEPPM3).


Periode Kedua : Tahun 2004-2006
Merupakan Periode Institusionalisasi:
- Revitalisasi kelembagaan melalui peningkatan status LEPPM3 menjadi berbadan 
   hukum
- Dari 242 LEPPM3 seluruh indonesia  52 diantaranya Sudah Swamitra online

Periode Ketiga : Tahun 2007-2009
Merupakan Periode Diversifikasi Usaha:
- Perwujudan Cita-cita LEPPM3 untuk menjadi holding company
- Dibentuk unit-unit usaha yang bernaung dibawah LEPPM3
- Terbentuk 281 koperasi masyarakat pesisir di 289 kabupaten/kota berpesisir

Pembentukan kelembagaan dan perubahan system melalui periodisasi Program PEMP dimaksudkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir secara menyeluruh dan terencana sesuai dengan prinsip pemberdayaan, yaitu helping the poor to help themselves.

Program PEMP meliputi beberapa kegiatan yang menjadi bagian dari program besar PEMP. Beberapa kegiatan tersebut adalah :

  1. Klinik Bisnis.
    Memberikan konsultasi dan pendampingan bisnis bagi masyarakat terutama penerima Bantuan Sosial Mikro dengan output layanan Konsultasi yang berkaitan dengan rencana bisnis, pangsa pasar, mitra usaha, rasio keuntungan dan pengembangan bisnis termasuk tatacara proposal ke LKM/Bank 
  2. Kedai Pesisir
    LEPPM3 melalui  Unit Usaha Kedai Pesisir dengan Output layanan :
    Melayani dan menyediakan kebutuhan pokok masyarakat dan kebutuhan usaha bagi masyarakat pesisir berbentuk outlet dengan system swalayan berlokasi di pusat kegiatan usaha masyarakat pesisir.
    Sebagai pemasok bagi warung-warung sejenis di sekitarnya
  3. Program Solar Packed Dealer untuk Nelayan (SPDN)/ Stasiun Pengisian Bahan Bakar Minyak untuk Nelayan (SPBN).
    SPDN/SPBN dengan Output layanan Melayani kebutuhan BBM bagi nelayan dan pembudidaya ikan skala kecil dengan harga sesuai ketetapan pemerintah

 Kegiatan Pendukung PEMP

  1. Pusat Pemberdayaan dan Pelayanan Masyarakat Pesisir (P3MP) merupakan unit usaha nirlaba/non profit yang berperan dalam mendorong peranserta masyarakat di bidang sosial budaya termasuk kebutuhan kesehatan, pendidikan, pelestarian lingkungan dan pemberdayaan keluarga pesisir. Untuk masa yang akan datang P3MP ini akan menjadi lembaga yang menjadi koordinator dalam Pemberdayaan Sosial Budaya Masyarakat Pesisir (PSBMP).
  2. Pemberdayaan masyarakat pesisir melalui peranserta Lembaga Keagamaan/Adat merupakan kegiatan pemberdayaan sosial budaya di masyarakat pesisir. Peranserta lembaga keagamaan/adat sebagai agen sosial dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas kehidupan sosial, ekonomi dan budaya masyarakat pesisir sehingga dapat berperan aktif dalam pembangunan di wilayah pesisir yang berbasis lokal.
  3. Program Regenerasi Nelayan merupakan usaha yang dilakukan oleh pemerintah dalam peningkatan kualitas sumberdaya manusia melalui pemberian pengetahuan, keterampilan dan kecakapan kepada generasi muda/anak nelayan sehingga memiliki kapasitas lebih dibanding pendahulunya. Program regenerasi nelayan ini dilakukan dengan kegiatan pendidikan dan pelatihan sehingga diharapkan para generasi muda/anak nelayan mampu mengembangkan akses permodalan, pasar dan teknologi, serta mampu mendorong masyarakat pesisir umumnya untuk meningkatkan kapasitas usahnya dengan memanfaatkan teknologi terapan.
  4. Pemberdayaan Perempuan Pesisir merupakan penguatan kapasitas para perempuan di wilayah pesisir untuk mampu mengembangkan dan meningkatkan potensi perempuan pesisir agar keterlibatan mereka dalam kegiatan perikanan dapat lebih optimal dan dapat memberikan kontribusi ekonomi bagi kehidupan perempuan pesisir. berperan serta dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga dengan kegiatan usaha yang dilakukan secara berkelompok.
  5. Peningkatan Sumberdaya Manusia Lembaga Keuangan Mikro (LKM) merupakan kegiatan pelatihan yang ditujukan kepada para pengelola LKM Swamitra Mina untuk penguatan lembaga keuangan mikro sehingga dapat meningkatkan profesionalitas dan pelayanan bagi nasabah khususnya masyarakat pesisir.

Swamitra Mina merupakan salah satu unit usaha Koperasi LEPP M3  yang bergerak dibidang permodalan bagi masyarakat pesisir berbasiskan sistem teknologi perbankan yang online.  LKM Swamitra Mina hasil kerjasama antara LEPP M3  dengan Bank Bukopin sehingga pengelolaan keuangan dapat berjalan secara profesional, transparan serta dapat dipantau setiap saat. 

Program Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Pesisir Provinsi DI Yogyakarta dilaksanakan di 3 Kabupaten, yaitu :
A. Pelaksanaan program PEMP Kabupaten Gunung Kidul

  1. Koperasi LEPP M3 Insan Samudra Kabupaten Gunung Kidul berbadan hukum Koperasi 518.0018/BH/VI/2005 dengan alamat di Pringsanggar Desa Purwodadi Kecamatan Tepus Gunungkidul Sedangkan Unit Simpan Pinjam Swamitra Mina Beralamat di  Jl. Agus Salim No. 14 Wonosari, Gunung Kidul Telp.0274-392150  dengan susunan pengurus
    Pengurus           
    Ketua                 :  Sudarli
    Sekretaris           :  Dwi Haryanto
    Bendahara           Sumpono
    Unit Simpan Pinjam “SWAMITRA  MINA” :
    Dengan susunan Pengelola  Sebagai berikut:
    Manajer             : Sulistyo W.W, ST
    Sekretaris          : Suminto, ST
    Bendahara         : Suradi
    Koord. Wilayah : Wastono
                               Sudarsono
                              Tri Nurcahyani
                              Sukarti
                             Agung
  2. Kedai Pesisir di wilayah Kabupaten Gunung Kidul, Berlokasi di :
    - Pantai Sadeng, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul
    - Pantai Siung Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul
    - Pantai Ngrenehan, Desa Trowono, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul
Program Solar Packed Dealer untuk Nelayan (SPDN)/ Stasiun Pengisian Bahan Bakar Minyak untuk Nelayan (SPBN) Program SPDN di Kabupaten Gunung Kidul berlokasi di Pantai Ngrenehan Kecamatan Tepus Kabupaten Gunung Kidul 

 

B. Pelaksanaan Program PEMP di kabupaten Bantul

  1. Peningkatan Sumberdaya Manusia LKM merupakan kegiatan Pelatihan yang ditujukan kepada para pengelola LKM Swamitra Mina Koperasi LEPPM3. Koperasi Sekunder LEPPM3 Kabupaten Bantul dengan badan hukum Koperasi No :028/BH/IX/2003  beralamat di Jl. Raya Samas KM 10,5 Tegalrejo, Srigading, Sanden  Bantul
    Struktur organisasi LEPP M3 Kabupaten Bantul adalah sebagai berikut :
    Pengurus:
    Ketua I:  Wusana
    Ketua II:  Rujito
    Sekretaris I:  Wakhid Hasyim Ahmadi
    Sekretaris II:  Sukamto
    Bendahara:  Sutarlan
    Unit Simpan Pinjam “SWAMITRA  MINA” :
    Dengan susunan pengelola sebagai berikut :
    Manajer:  Partana, SE
    Koordinator Operasional:  Sulistyaningsih, A.Md
    Pembina Pinjaman:  Amin Nur Rohman, S,IP
    Credit Support:  Fitrianti, SE
    Teller:  Tri Winarsih, A.Md
    Swamitra Mina Bantul berkantor di Jln. Urip Sumoharjo,Ruko Gose Bantul Telp.02747490614
    JASA LAYANAN :
    - Simpanan/tabungan
    - Pinjaman
  2. Klinik Bisnis
    Pengelola Klinik Bisnis Kabupaten Bantul adalah :
    Pengelola bidang keuangan dan akuntasi : Tursilo Ariwibowo, SE
    Pengelola bidang usaha dan bisnis : Radyo W,S.Pi
  3. Kedai Pesisir
    Kedai Pesisir untuk Kabupaten Bantul baru tahap dlm Proses Pendirian di Mancingan XI Parangtritis Kretek Bantul pada TA 2008 ini.
  4. Pusat Pemberdayaan dan Pelayanan Masyarakat Pesisir (P3MP)
    Pembentukan lembaga P3MP telah dilaksanakan pada tahun 2007, dengan alamat di  Kantor LEPPM3 Jl. Raya Samas KM 10,5 Tegalrejo, Srigading, Sanden Bantul. Pengurus P3MP adalah :
    Manajer P3MP: Heru Nugroho, SP
    Staf Administrasi: Erna Widyastuti
    Staf Operasional: Widyantoro
  5. Pemberdayaan masyarakat pesisir melalui peranserta Lembaga Keagamaan/Adat Kegiatan ini sudah diinisiasi pada tahun 2007. Susunan Pengurus Lembaga Keagamaan/Adat ”Paguyuban Masyarakat Pesisir Bantul” dengan Sekretariat di Dusun Ngentak Desa Poncosari, Kecamatan Srandakan, Kabupaten Bantul, dengan susunan kepengurusan Sebagai berikut:
    Ketua Tingkat Kabupaten: Sarjiman
    Bendahara Tingkat Kabupaten: Pujono
    Sekretaris Tk Kabupaten: Rukijo
    Tingkat Desa:
    Ketua Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek: Sutono
    Ketua Desa Tirtohargo, Kecamatan Kretek: Kahono
    Ketua Desa Srigading, Kecamatan Sanden: Sadino
    Ketua Desa Gadingsari, Kecamatan Sanden: Sugeng R
    Ketua Desa Poncosari, Kecamatan Srandakan: Fadhil Budi Sanuri 
    Kegiatan yang dilaksanakan oleh lembaga keagamaan pada tahun ini adalah kegiatan berbasis lingkungan  antara lain :
    Pemasangan papan pengumuman tentang konservasi penyu di Pantai Samas,dan di pantai kuwaru utk pelestarian tanaman cemara udang
    Penanaman Tanaman cemara udang, ketepeng laut dan sengon laut bekerjasama dengan Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Opak Progo Yogyakarta dalam hal penyediaan bibit tanaman.
  6. Program Regenerasi Nelayan
    Hasil yang diperoleh dari program in adalah terbentuknya kelompok pemuda regenerasi nelayan ”Taruna Samudera”  dengan sekretariat di RT 4 RW 12 Dusun Karang, Desa Tirtohargo, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, dengan susunan organisasi yang terdiri dari :
    Ketua : Rohman Setiadi
    Sekretaris : Sigit Raharjo
    Bendahara I : Iswantoro
    Bendahara II   : Bowo Winarto
    Anggota: Sugu Wansihto
                  Ari 
                  Sujiman
                 Getsa 
    Kegiatan yang dilaksanakan adalah:
    - Pelatihan di Jakarta
    - Magang
    - Pemberian Bantuan Soisal Masyarakat berupa sarana dan sarana alat tangkap.
  7. Pemberdayaan Perempuan Pesisir
    Kelompok  Perempuan Pesisir “Niswati Bahari” dengan sekretariat di Kuwaru, Ngentak, Poncosari, Srandakan, Bantul didirikan pada tahun 2007. Dengan Susunan pengurus sebagai berikut:
    Ketua Tingkat Kabupaten : Kusmiyatun
    Wakil Ketua Tingkat Kabupaten : Parjilah
    Sekretaris Tingkat Kabupaten : Heny Andriani.P
    Wakil Sekretaris Tingkat Kabupaten : Sulis Ratnawati
    Bendahara Tingkat Kabupaten : Tri Windarsih
    Ketua Tingkat Desa Parangtritis : Tugiyarti
    Ketua Tingkat Desa Tirtohargo : Suminem
    Ketua Tingkat Desa Poncosari : Umi Saroh
    Bidang Pengembangan Organisasi : Siti Mahmudah
                                                          Tursiwi Harti
                                                          Sri Murwinarti
    Bidang Pendidikan dan Pelatihan : Rumiyani
                                                        Sumaryati
                                                        Ernaningsih
    Bidang Ekonomi : Sri Muryani
                                Suprihatin
                                Jumirah
    Bidang Simpan Pinjam : Ipuk Haryanti
    Kegiatan yang dilaksanakan adalah :
    - Pelatihan tentang manajemen usaha, keterampilan usaha dan  kesehatan Reproduksi serta lingkunganPemberian bantuan berupa sarana usaha
    - Pendampingan pengelolaan usaha
    - Pemberian Bantuan Sosial Mikro masyarakat untuk kegiatan usaha berbasis perikanan.
    - Arisan Rutin Tiap bulan

 

B. Pelaksanaan Program PEMP di Kabupaten Kulon Progo

  1. Peningkatan Sumberdaya Manusia LKM merupakan kegiatan pelatihan yang ditujukan kepada pengelola LKM Swamitra Mina koperasi LEPPM3 yang beralamat di jalan Panjatan Dusun I Panjatan RT 01 RW 01, Desa Panjatan Kecamatan Panjatan Kabupaten Kulon progo Yogyakarta 55655 dengan badan hukum Koperasi Serba Usaha 518/08/BH/II/2002 tanggal 12 Februari 2002 mempunyai susunan kepengurusan sebagai berikut :
    Badan Pengawas:

    Ketua: Wahyu Wijayanto, A.Md

    Sekretaris: Purdjijo

    Anggota: Warso Noto Atmojo

    Pengurus:

    Ketu
    a:  Jaka Samudra
    Sekretaris:  Agus Subiyanto

    Bendahara:  Siti Dwiningsih

    Unit Simpan Pinjam “SWAMITRA MINA” :

    Pengelola
    :
    Manajer:  Sasmiyatno

    Koordinator Operasional: Tri Astuti

    Account Officer:  Fitri Zulianto

    Credit Support:  Prasetyowati Meindayani

    Teller:  Siti Masruroh
    Swamitra Mina
    Kulonprogo Berkantor di Kios No.1 Bendungan Kidul Rt 40 Rw 19 bendungan Wates Kulonprogo Telp. 0274775335

    JASA LAYANAN :

    - Simpanan/tabungan

    - Pinjaman
  2. Klinik Bisnis
    Ber
    alamat di Jl. Raya Panjatan Dusun I Panjatan, RT 01 RW 01, Desa Panjatan, Kecamatan Panjatan, Kabupaten Kulon Progo  Yogyakarta 55655
    Pengelola Klinik Bisnis Kabupaten
    Kulonprogo adalah :
    Pengelola bidang keuangan dan akuntasi:Murdi Yulianta,
    SE
    Pengelola bidang usaha dan bisnis :  Teguh Saksana, ST
  3. Kedai Pesisir
    Kedai Pesisir Kabupaten Kulonprogo telah dibentuk pada tahun 200
    5 dengan menempati lokasi di Ruko Desa Garongan Kecamatan Panjatan Kabupaten Kulon Progo
    Pengelola
    Kedai Pesisir:
    Manajer: 
    Jaka Samudra
    Pembukuan:  Esti Nur Asih

    Kasir:  Endang Tri Wahyu
  4. Pusat Pemberdayaan dan Pelayanan Masyarakat Pesisir (P3MP)
    K
    antor sekretariat P3MP di Jl. Raya Panjatan Dusun I Panjatan, RT 01 RW 01, Desa Panjatan, Kecamatan Panjatan, Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta 55655. Dengan pengelola :
    Manajer :
    Muslich Yulianto, SE
    Pemberdayaan masyarakat pesisir melalui peranserta Lembaga Keagamaan/Adat

    Kegiatan lembaga keagamaan/adat di kabupaten Kulon
    Progo diinisiasi pada tahun 2008 dengan hasil Susunan Pengurus sebagi berikut:
    Ketua I: Wardani

    Ketua II: Waino

    Bendahara I: Darmadi

    Bendahara II: Sudito

    Sekretaris I: Bambang Edi

    Sekretaris II: Dari Ahmad Sayadi

    Sie Keagamaan dan sosial: Zainal Suhudi

                                             Nabhanuddin

    Sie Kepedulian dan Pelestarian Alam: Sunari

                                                             Riyadi
  5. Kegiatan yang dilaksanakan oleh Lembaga Keagamaan/ Kabupaten Kulon Progo adalah kegiatan berbasis lingkungan yaitu:
    Pemasangan papan pengumuman tentang konservasi penyu di Pantai Trisik
    dan Tepi sungai bogowonto
    Penanaman Tanaman cemara udang, ketepeng laut dan sengon laut bekerjasama dengan Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Opak Progo
       
    Yogyakarta dalam hal penyediaan bibit tanaman. Kegiatan berbasis lingkungan yang dirancang merupakan upaya untuk menjaga kelestarian kekayaan
    alam di wilayah pesisir untuk antisipasi dan mengurangi dampak dari kemungkinan adanya bencana alam seperti Tsunami juga untuk menciptakan wind barrier di wilayah pesisir.
  6. Program Regenerasi Nelayan
    Peserta program regenerasi nelayan Kabupaten Kulon progo TA 2008 adalah
    berasal dari desa jangkaran dan sindutan kecamatan Temon antara lain :
    Zunarko

    Datok Yuniarto

    Widiarto

    Lazarus

    Kegiatan yang dilaksanakan adalah:

    - Pelatihan di Jakarta

    - Magang

    - Pemberian Bantuan Soisal Masyarakat berupa sarana dan sarana alat tangkap.
  7. Pemberdayaan Perempuan Pesisir
    S
    ekretariat Kelompok Perempuan Pesisir “Mina Tirta Bahari” Kabupaten Kulonprogo di Jl. Raya Panjatan Dusun I Panjatan, RT 01 RW 01, Desa Panjatan, Kecamatan Panjatan, Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta 55655.
    Pengelola:

    Ketua : Nuning Winardi

    Sekretaris: Muslichah

    Bendahara: Pujiyati

Disajikan Oleh : Divisi Consulting CV. Karya Mandiri Sejahtera - Yogyakarta, www.kmsgroups.com

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

kirim ke teman | versi cetak

Berita "Pemberdayaan Masyarakat" Lainnya